Laman

Senin, 08 Oktober 2012

Langkah-langkah Manajer Dalam Mengelola Sumber Daya Fisik Dan Sumber Daya Konseptual

Nama   : Satria Bayu Suseno
Npm     : 46210402
Kelas   : 3da03
Tugas   : Softskill (SIM 1)



Langkah-langkah Manajer Dalam Mengelola
Sumber Daya Fisik  
Dan
 Sumber Daya Konseptual

 

PENDAHULUAN

               Manajer atau pemimpin mengelola sumber daya fisik dan sumber daya konseptual memiliki tujuan dalam lembaga yaitu untuk tercapainya  tujuan organisasi pada suatu lembaga. Pengelolaan sumber daya merupakan sebuah bentuk bekerja dengan orang-orang secara pribadi maupun kelompok demi tercapainya tujuan suatu organisasi lembaga. satu yang perlu diingat bahwa pengelolaan berbeda dengan kepemimpinan.
       
        Dan setiap pemimpin suatu lembaga atau perusahaan selalu menggunakan informasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga subyek dari manajemen informasi bukanlah suatu hal yang baru. Informasi telah ada sejak adanya manusia sampai saat ini dan masa mendatang. Kegunaan informasi juga relatif sama dari waktuke waktu yaitusebagai alat untuk mendukung pengambilan keputusan mulai dari keputusan individual sampai pada tingkatan keputusan seorang manajer profesional pada kalangan lembaga bisnis modern. Daya dukung informasi terhadap pengambilan keputusan sangat berarti, sehingga cara-cara pengelolaan informasi mulai diperhatikan oleh manusia sejalan dengan perkembangan peradabannya. Dengan demikian apa yang telah dijelaskan di atas sangat tepat bahwa subyek informasi bukanlah suatu hal yang baru, namun cara-cara mengelola informasi agar ada kemudahan dalam memperoleh informasi yang akurat dan mutakhir inilah yang selalu mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Selanjutnya untuk menjawab permasalahan ini diperlukan teknologi yang mumpuni. Inovasi yang sangat memungkinkan untuk mengatasi hal tersebut adalah komputer.
        
                 Lembaga atau organisasi menajdi semakin sadar bahwa informasi adalah suatu sumber daya yang penting dan sangat strategis, dan komputer dapat mengelola sumber daya tersebut. Perkembangan program-program komputer yang sengaja dirancang untuk memudahkan manajemen dalam menge  lola informasi sangat pesat. Output informasi dari komputer digunakan oleh para manajer, nonmanajer,serta orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan. Manajer berada pada semua tingkat organisasi perusahaan, dan dalam semua area bisnis.
       
PEMBAHASAN

Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya sangat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola organisasi tersebut. Manajemen sebagi suatu metode yang mengatur, mengelola organisasi dapat diartikan sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang. Jika manajemen suatu organisasi baik maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.
Dalam menjalankan tugasnya , para manajer memerlukan informasi, karena adanya perbedaan tugas maka informasi yang diperlukan juga akan berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh adanya periode waktu, tingkat ketidakpastian, tipe informasi, dasar kebutuhan informasi dan bentuk pelaporan. Sehingga dapat dikategorikan bahwa informasi adalah salah satu jenis sumberdaya utama, dan termasuk dalam kategori sumberdaya konseptual.

Langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola sumber daya fisik :
 
1) langkah pertama  yang dilakukan manajer adalah  menyusun sumber daya yang diperoleh. Dengan    menyusunnya manajer akan lebih mudah dalam mengevaluasi sumber daya tersebut. 
2) Langkah kedua adalah memaksimalkan penggunaan sumber daya, tahap kedua ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan operasional perusahaan, semakin maksimal sumber daya maka semakin meningkat profit yang dihasilkan.
3)  Dan yang ketiga adalah mengganti sumber daya pada saat kritis sebelum sumber daya menjadi tidak    efisien.

Jenis sumber daya fisik, yaitu :

·         Manusia
Ini bukan hanya berarti menentukan orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, tetapi juga termasuk kemampuan seorang manajer untuk melakukan pendelegasian tugas, dan penilaian kinerja dan memimpin tim bawahannya. Kemampuan komunikasi merupakan kunci·   
.      Material
Mengelola material dapat memberikan dampak langsung pada keuntungan perusahaan, misalnya, terlalu banyak persediaan akan menyebabkan banyaknya modal yang terikat dalam persediaan, sebaliknya terlalu sedikit persediaan akan mengganggu kelancaran produksi karena kekurangan bahan baku. Hal ini bukan hanya memusingkan perusahaan manufaktur; perusahaan jasa yang kekurangan pena atau formulir pesanan, misalnya, atau sebuah perusahaan penyelenggara pelatihan yang kehabisan buku tulis atau kertas flip chart, juga akan mengalami kesulitan.
·      Mesin
 Mesin digunakan untuk memudahkan atau membantu perusahaan mengerjakan sesuatu agar waktu yang di gunakan lebih efektif dan efisien , dengan ini mesin merupakan suatu sumber daya yang sangat penting dalam membantu semua pekerjaan dalam perusahaan.
·      Uang
Anda harus mempunyai suatu sistem untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang berguna. Ini bisa berasal dari dalam maupun luar organisasi. Penggunaan ukuran kinerja yang diterima secara umum memungkinkan anda untuk membandingkan kinerja perusahaan anda dengan perusahaan lain. Anda juga harus menggunakan cara pendanaan alternatif lainnya dan membandingkan posisi dan kinerja saat ini dari cara-cara yang berbeda itu. Lakukanlah hal ini untuk jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelolah sumber daya konseptual  :

            Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna. Ia kemudian memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. 
        Tugas manajer adalah mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan dengan cara yang  paling efektif. Manajer menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna, kemudian manajer memastikan bahwa orangyang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. Akhirnya manajer
membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang terkini dan akurat. Seluruh aktivitas dalam memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat disebut Manajem Informasi.

Jenis sumber daya konseptual,  yaitu :
  • ·         Informasi     
 Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, dan perhatian pada topik ini bersumber pada dua pengaruh. pertama, bisnis telah menjadi semakin rumit. dan kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.

Sumberdaya fisik yang berada pada organisasi biasanya terbatas dan bisa habis atau punah. Sedangkan sumberdaya informasi bersifat “tidak” akan pernah habis. Sehingga semua sumberdaya, baik fisik maupun konseptual harus disinergikan. Oleh karena itu tugas dari manajer adalah mengarahkan penggunaan semua sumberdaya agar dapat dimanfaatkan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari tugas manajer tersebut, maka perlu adanya usaha penataan sumberdaya Manajemen termasuk didalamnya manajemen informasi, yakni berupa :
·         Sumberdaya harus disusun sedemikian rupa sehingga setiap saat diperlukan dapat segera dimanfaatkan - perlu dilakukan modifikasi   Sumberdaya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin  Sumberdaya harus selalu diperbaharui

Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna. Kemudian manajer memastkan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang terkini dan akurat. Seluruh aktivitas tersebut (memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat, disebut sebagai manajemen informasi.
Munculnya paradigma baru yaitu berupa informasi yang termasuk dalam sumberdaya utama organisasi akan mendorong usaha terhadap manajemen informasi. Perhatian terhadap Manajemen Informasi tersebut antara lain disebabkan oleh :

1.      Peningkatan kompleksitas kegiatan bisnis
2.       Kendala-kendala sosial
3.        Kemampuan Komputer yang semakin baik

KESIMPULAN

       Jadi langkah-langkah manajer dalam mengelola Sumber Daya Fisik yaitu dengan cara pengelolahan sumber daya   Manusia,  Material,  Mesin termasuk fasilitas dan juga keuang dalam perusahaan dengan mengembangkan sumber daya fisik tersebut perusahaan akan berkembang. Sumber daya fisik akan dikelola setelah diperoleh, agar saat diperlukan sumber daya tersebut siap digunakan secara maksimal.
 dan juga mengembangkan sumber daya  koseptual seperti sumber daya informasi,  Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, Oleh karna itu di perlukan nya skill dalam mengolah sumber - sumber tersebut untuk mengembangkan perusahaan atau lembaga tersebut.



Refferensi:
·         imam.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../SIM1-Pengenalan.pd...
·         sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../Modul+1+SIM.doc
·          

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar