lagu

Selasa, 30 Oktober 2012

8 TIPS MENGHILANGKAN STRES





Saya seorang mahasiswa di universitas gunadarma kalimalang bekasi dan saya juga tinggal di kota bekasi dekat dengan kampus saya, sekarang saya sudah  semester 5 dan sebentar lagi saya akan menghadi ujian yang cukup berat  yaitu sidang untuk sidang saya menyiapkan membuat tugas akhir (LKP) pada semester ini  ,selain  itu  juga banyak tugas – tugas yang lain di luar kampus maupun di dalam kampus, dengan tugas – tugas yang banyak membuat saya stres  dan saya akhirnya mengetahui bagai mana tips cara – cara menghilangkan stres yg pernah saya baca pada sebuah artikel dan saya berhasil dalam mempraktikan nya  , yaitu dengan cara :

1. Berpikir Positif
Optimisme dapat menangkal dampak negatif stres, ketegangan dan kecemasan telah di sistem kekebalan tubuh Anda dan kesejahteraan. Sangat penting untuk mengelilingi diri dengan orang-orang positif. Getaran negatif dari teman-teman dan rekan kerja dapat menyebar, sehingga sulit bagi Anda untuk bersantai. Lihatlah situasi tertentu berbeda. Mungkin cara Anda mencari mungkin menyebabkan tekanan yang banyak.
2. Tidur
Aktivitas ini bisa dibilang efektif. Mendapatkan tidur nyenyak yang cukup memiliki dampak besar pada tingkat stres Anda. Fungsi kekebalan dan ketahanan terhadap penyakit pun bangkit.
3. Tertawa
Tawa luka stres dan mempromosikan relaksasi. Itu, pada gilirannya, membantu sel-sel kekebalan tubuh berfungsi lebih baik. Temukan humor dalam hal-hal dan terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda tertawa untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap penyakit.
4. Olahraga
Latihan akan merevitalisasi tubuh dan pikiran Anda dan Anda akan siap untuk menghadapi apa pun. Olahraga teratur dan aktivitas fisik tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, jantung, otot dan tulang, tetapi juga membantu dalam manajemen stres dengan menyediakan gangguan dari situasi stres dan meningkatkan endorfin (merasa-baik tubuh kimia).
5 . Bangkit dan Menarilah
Kadang, cara terbaik untuk menjernihkan pikiran adalah dengan bangkit dan bergerak. Mungkin saat liburan kemarin Anda sempat mengunjungi klub malam, maka saatnya Anda melakukan itu di rumah dan mengingat hal yang menarik dari pesta itu. Ada banyak tarian yang bisa Anda ingat dan ikuti. Apa pun gerakan yang Anda pilih, tarian bisa menjadi cara terbaik untuk melepaskan semua, dan tentu saja baik untuk kesehatan dan kebugaran.
6. Dengarkan Musik
Musik yang menenangkan dapat memiliki efek relaksasi pada gelisah, tegang pikiran. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung. Cari tahu apa jenis musik yang bisa membantu Anda bekerja yang terbaik dan kemudian membuat koleksi musik untuk membantu Anda rileks dan merasa baik.
7. Pandai-pandailah bersyukur
Bersyukur merupakan cara yang paling ampuh dalam mengatasi stress, bagaimana tidak. karena pada umumnya orang mengalami stress karena tidak kuat dengan apa yang telah terjadi atau keadaan yang menimpanya. Dengan bersyukur kita akan senantiasa ingat bahwa segala sesuatu yang kita peroleh merupakan pemberian dari ALLAH SWT dan seyogyanya kita terima dan kita kerjakan dengan rasa ikhlas.
8 . Biarkan Waktu Berjalan
Ketika melakukan perjalanan, kita mungkin menikmatinya hanya dengan duduk di pantai atau mengobrol dengan teman sambil makan tanpa memikirkan dunia lain. Kadang kita tidak sadar betapa berharganya kehidupan tanpa rencana seperti itu. Di dalam dunia, di mana kita selalu  sibuk, akan sangat berarti jika kita mampu meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang ingin kita lakukan, dan bukan hal-hal yang harus kita lakukan. Saat Anda merasa tertekan, berikan waktu pada diri sendiri, lakukan jeda dan relaksasi, sambil berpikir bagaimana melewati semuanya.

Itu yang saya ketahui bagai mana cara menghilangkan stres dengan ini kita dapat terbebas dan terhindar dari stres dari masalah yg menimpa kita atau dari tugas – tugas yg berat selamat mencoba.

Jumat, 19 Oktober 2012

Bagaimana CBSI Memperbaiki Kualitas Produk Dan Jasa Agar Perusahaan Dapat Mencapai Keunggulan Kompetitif


Nama               : Satria Bayu Suseno
Npm                : 46210402
Kelas               : 3da03

BAGAIMANA CBIS MEMPERBAIKI KUALITAS PRODUK DAN JASA
AGAR PERUSAHAAN DAPAT MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF

PENDAHULUAN
        Tujuan perusahaan secara umum adalah memberikan kepuasan kepada konsumen dalam rangka meningkatkan kesejahteraan stakeholder. Oleh karena itu, perusahaan harus memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Perusahaan dituntut untuk dapat menentukan tingkat kualitas produk atau jasa yang ditawarkan kebutuhan dan keinginan konsumen dapat terpuaskan. Kualitas merupakan kesesuaian antara spesifikasi yang diinginkan konsumen dengan jasa atau produk yang tersedia.
        CBIS (Computer Based Information System) dapat memberikan dukungan terhadap Total Quality Managemen (TQM) yang diterapkan perusahaan. CBIS dapat memberikan dukungan terhadap Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Manjemen, Decision Support System, Sistem Otomatisasi Kantor, maupun sistem pakar.

PEMBAHASAN
Pengertian CBIS

        Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer
• Kontrol dan Proses Pengembangan mencapai CBIS
        Dalam beberapa hal, tiap subsistem dari CBIS menyerupai suatu organisme hidup-lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses evolusioner ini disebut siklus kehidupan sistem dan terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut :

1. Fase Perencanaan
 Mendefinisikan tujuan dan kendala.
2. Fase Analisis & Disain
 Mengidentifikasi kebutuhan informasi ,Menentukan kriteria penampilan, Menyusun disain dan standar operasi CBIS.
3. Fase Implementasi
Mendefinisikan program pengujian yang dapat diterima Memastikan apakah memenuhi  criteria penampilan Menetapkan prosedur utk memelihara CBIS
4. Fase Operasi & Kontrol
Mengontrol CBIS selagi berevolusi selama fase SLC Memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan.

Mengelola CBIS
        Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus kehidupan dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Tanggung jawab keseluruhan manajer dan dukungan tahap demi tahap yang diberikan oleh para spesialis informasi.

Konsep keunggulan kompetitif dalam operasional perusahaan
        Keunggulan kompetitif perusahaan dapat dibangun di atas salah satu dari tiga disiplin nilai. Pertama, operasional prima (operational excellence). Perusahaan yang menggunakan strategi ini berupaya mencapai biaya paling efisien pada setiap proses bisnis yang menghasilkan kualitas jasa dan barang sesuai harapan pelanggan. Kedua, keakraban dengan pelanggan (customer intimacy). Perusahaan yang menggunakan strategi ini mempertahankan bisnis dengan menunjukkan pemahaman luar biasa pada kebutuhan dan harapan pelanggan melebihi rata-rata kompetitor. Ketiga, produk atau layanan yang senantiasa inovatif dan terdepan (product leadership).Perusahaan yang menggunakan strategi ini membangun keunggulan kompetitif dengan terus-menerus menciptakan produk atau layanan yang paling canggih, paling baik, paling inovatif.Manajemen puncak,manajer madya dan karyawan perlu memahami implikasi setiap strategi.

Kualitas dan Keunggulan Kompetitif
Kerugian kualitas yang buruk :
  • Kehilangan bisnis karena pelanggan pindah ke yang lain.
  • Tuntutan hukum, karena kualitas buruk pelanggan bisa menuntut secara hukum.
  • Kehilangan produktivitas.
  • Biaya-biaya :
-          Biaya kegagalan (failure cost) biaya yang terjadi karena kualitas buruk.
-          Biaya penilaian (appraisal cost), biaya pemeriksaan kualitas di pabrik.
-          Biaya pencegahan (prevention cost).


Keuntungan kualitas yang baik :
Kualitas baik bisa meningkatkan penjualan dan biaya yang rendah, gabungan keduanya menghasilkan profitabilitas dan pertumbuhan. Dapat digambarkan dalam model berikut :

Dukungan dari Subsistem SIM Fungsional
Sistem Informasi Pemasaran :
Dua dari subsistem ini menyediakan informasi mengenai elemen - elemen lingkungan yang terlibat dalam strategi kualitas, yaitu :
-          Subsistem penelitian pemasaran, keinginan dan kebutuhan pelanggan.
-          Subsistem intelijen pemasaran, informasi pesaing.
Sistem Informasi Manufaktur :
Sistem ini juga ada dua subsistem input untuk pengendalian kualitas:
-          Subsistem intelijen manufaktur, informasi mengenai pemasok.
-          Subsistem rekayasa industrial, meneliti proses perusahaan untuk menetapkan standar yang harus dicapai para pekerja produksi.
Adapun contoh dukungan CBIS pada kualitas produk dan jasa adalah:
pelacakan paket (di AS dengan terminal genggam disebut SUPER TRACKER), perakitan mobil (line balancing), rancangan penjara (untuk peningkatan kualitas penjara).

Kualitas Unggul dan Terbaik
        Agar konsumen bersedia membeli produk dari perusahaan, maka perusahaan harusmenciptakan produk yang mempunyai kualitas terbaik. Apabila banyak perusahaanlain membuat produk yang sama dengan tingkat harga yang sama, maka perusahaanharus dapat menciptakan produk dengan kualitas yang lebih baik dari para pesaingagar menarik perhatian konsumen. Untuk mencapai kondisi ini perlu dilakukan usahaperbaikan kualitas yang bersifat terus menerus (Continuous Improvement).Continuous Improvement  merupakan strategi untuk memperbaiki mutu produk/jasa yang dihasilkan oleh perusahaan secara terus menerus.

Teknologi informasi dapat meningkatkan efisiensi dan keefektifan proses bisnis dengan sejumlah dengan cara :

1) Meningkatkan kecepatan.
Memendekkan waktu yang ada dalam jalur kritis suatu proses, yang mungkin mempunyai “dampak domino” pada proses-proses yang lain,yang berarti meningkatkan kecepatannya.
2) Penyimpanan dan pengambilan kembali.
Dengan menekan tombol, ini berartiberkas dan informasi penting lain dapat diambil kembali dengan kecepatan yangbahkan tidak dapat ditandingi oleh pekerja tercepat. 
3) Mengkomunikasikan.
Data dan informasi dapat secara cepat dan terpadudipindahkan dari satu titik dalam suatu proses ke titik yang lain dalam berbagaibentuk.
4) Mengontrol proses dan meningkatkan mutu.
Peralatan otomatis bisamemberikan pengukuran dan kontrol manufakturing yang lebih tepat daripada yangbisa diberikan oleh manusia.
5) Memantau.
Teknologi dapat menggunakan seperangkat standar sebagai suatuukuran dari apa yang sedang dilakukan; masalah-masalah dapat segera dilaporkan,dikoreksi, dan diuji ulang; dan statistik- statistik yang berkenaan dengan mutu,kinerja, penggunaan pasokan, dan hasil-hasil juga bisa dipantau.
6) Mendukung pengambilan keputusan.
Data yang diperlukan untuk mengambilkeputusan bisa dikumpulkan dan digunakan untuk membantu staf mengambil keputusan yang lebih baik atau otomatis.
7) Pembuatan, manufakturing, dan pelaksanaan pelayanan.
Seringkali informasipenting yang diperlukan terhalang oleh adanya kesalahan manusia (human error ); dilain pihak, teknologi informasi dapat mempercepat semua fungsi ini.
8) Mendukung dan mengeliminasi problem/ permasalahan yang muncul.
Sering kali otomatisasi akan menurunkan biaya sehingga lebihmurah daripada menggunakan tenaga kerja manusia.
9) Salah satu penghematan biaya terbesar melalui teknologi informasi adalah mengurangi penggunaan kertas sebagai dokumen dasar.
Teknologi munculdengan cepat sebagai suatu cara untuk menangani pertukaran informasi antaraperusahaan, pelanggan, dan pemasok, dan juga antar depertemen internal dalamperusahaan, dengan menggunakan transmisi elektronik

KESIMPULAN

        CBIS (Computer Based Information System)  memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh organisasi untuk meraih keunggulan dalam bersaing. Potensi dasar yang dimiliki oleh suatus istem informasi antara lain meliputi: kemampuan melaksanakan perhitungan dengan cepat, teliti dan andal; kemampuan menyimpan dan mengolah data dalam jumlahyang besar; kemampuan melakukan komunikasi data dan informasi dari jarak jauh;kemampuan bekerja dengan self-controlled (otomatis).CBSI  berguna untuk memberikan informasi tentang segala sesuatu yang harus diketahui, sehingga dengan bantuan sistem informasi manajemenorganisasi dapat mengembangkan inovasi untuk meningkatkan kekuatannya produk dan jasa pada perusahaan. CBSI dapat pula dipergunakan manajemen organisasi untuk merekam informasimengenai situasi lingkungan bisnis dimana dia berada, baik informasi tentangkonsumen, masyarakat, kebijakan-kebijakan pemerintah, situasi pesaing dan lain-lain.Melalui potensi aktiva yang dimilikinya, serta didukung oleh sistem informasi yangbaik manajemen dapat mengembangkan inovasi-inovasinya untuk mencapai posisikeunggulan bersaing. Dengan demikian diharapkan target optimal organisasi dapatdicapai, dan dengan sikap yang adaptif eksploratif organisasi selalu berhasilmempunyai nilai tambah dibanding pesaing-pesaingnya dengan cara menjadi pelopordalam berbagai aspek. Apabila hal-hal tersebut tercapai maka organisasi akanberhasil memperoleh posisi unggul dalam persaingan
 
 
REFRENSI    

 http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=51228     http://www.scribd.com/doc/92465441/39163852-Makalah-Sim      
http://zackygundar.blogspot.com/2012/01/kesimpulan-mata-kuliah-sistem-informasi.html
http://murtaqicomunity.wordpress.com/2009/11/03/peran-informasi-dalam-kualitas-produk-dan-jasa/

Senin, 08 Oktober 2012

Langkah-langkah Manajer Dalam Mengelola Sumber Daya Fisik Dan Sumber Daya Konseptual

Nama   : Satria Bayu Suseno
Npm     : 46210402
Kelas   : 3da03
Tugas   : Softskill (SIM 1)



Langkah-langkah Manajer Dalam Mengelola
Sumber Daya Fisik  
Dan
 Sumber Daya Konseptual

 

PENDAHULUAN

               Manajer atau pemimpin mengelola sumber daya fisik dan sumber daya konseptual memiliki tujuan dalam lembaga yaitu untuk tercapainya  tujuan organisasi pada suatu lembaga. Pengelolaan sumber daya merupakan sebuah bentuk bekerja dengan orang-orang secara pribadi maupun kelompok demi tercapainya tujuan suatu organisasi lembaga. satu yang perlu diingat bahwa pengelolaan berbeda dengan kepemimpinan.
       
        Dan setiap pemimpin suatu lembaga atau perusahaan selalu menggunakan informasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga subyek dari manajemen informasi bukanlah suatu hal yang baru. Informasi telah ada sejak adanya manusia sampai saat ini dan masa mendatang. Kegunaan informasi juga relatif sama dari waktuke waktu yaitusebagai alat untuk mendukung pengambilan keputusan mulai dari keputusan individual sampai pada tingkatan keputusan seorang manajer profesional pada kalangan lembaga bisnis modern. Daya dukung informasi terhadap pengambilan keputusan sangat berarti, sehingga cara-cara pengelolaan informasi mulai diperhatikan oleh manusia sejalan dengan perkembangan peradabannya. Dengan demikian apa yang telah dijelaskan di atas sangat tepat bahwa subyek informasi bukanlah suatu hal yang baru, namun cara-cara mengelola informasi agar ada kemudahan dalam memperoleh informasi yang akurat dan mutakhir inilah yang selalu mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Selanjutnya untuk menjawab permasalahan ini diperlukan teknologi yang mumpuni. Inovasi yang sangat memungkinkan untuk mengatasi hal tersebut adalah komputer.
        
                 Lembaga atau organisasi menajdi semakin sadar bahwa informasi adalah suatu sumber daya yang penting dan sangat strategis, dan komputer dapat mengelola sumber daya tersebut. Perkembangan program-program komputer yang sengaja dirancang untuk memudahkan manajemen dalam menge  lola informasi sangat pesat. Output informasi dari komputer digunakan oleh para manajer, nonmanajer,serta orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan. Manajer berada pada semua tingkat organisasi perusahaan, dan dalam semua area bisnis.
       
PEMBAHASAN

Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya sangat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola organisasi tersebut. Manajemen sebagi suatu metode yang mengatur, mengelola organisasi dapat diartikan sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang. Jika manajemen suatu organisasi baik maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.
Dalam menjalankan tugasnya , para manajer memerlukan informasi, karena adanya perbedaan tugas maka informasi yang diperlukan juga akan berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh adanya periode waktu, tingkat ketidakpastian, tipe informasi, dasar kebutuhan informasi dan bentuk pelaporan. Sehingga dapat dikategorikan bahwa informasi adalah salah satu jenis sumberdaya utama, dan termasuk dalam kategori sumberdaya konseptual.

Langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola sumber daya fisik :
 
1) langkah pertama  yang dilakukan manajer adalah  menyusun sumber daya yang diperoleh. Dengan    menyusunnya manajer akan lebih mudah dalam mengevaluasi sumber daya tersebut. 
2) Langkah kedua adalah memaksimalkan penggunaan sumber daya, tahap kedua ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan operasional perusahaan, semakin maksimal sumber daya maka semakin meningkat profit yang dihasilkan.
3)  Dan yang ketiga adalah mengganti sumber daya pada saat kritis sebelum sumber daya menjadi tidak    efisien.

Jenis sumber daya fisik, yaitu :

·         Manusia
Ini bukan hanya berarti menentukan orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, tetapi juga termasuk kemampuan seorang manajer untuk melakukan pendelegasian tugas, dan penilaian kinerja dan memimpin tim bawahannya. Kemampuan komunikasi merupakan kunci·   
.      Material
Mengelola material dapat memberikan dampak langsung pada keuntungan perusahaan, misalnya, terlalu banyak persediaan akan menyebabkan banyaknya modal yang terikat dalam persediaan, sebaliknya terlalu sedikit persediaan akan mengganggu kelancaran produksi karena kekurangan bahan baku. Hal ini bukan hanya memusingkan perusahaan manufaktur; perusahaan jasa yang kekurangan pena atau formulir pesanan, misalnya, atau sebuah perusahaan penyelenggara pelatihan yang kehabisan buku tulis atau kertas flip chart, juga akan mengalami kesulitan.
·      Mesin
 Mesin digunakan untuk memudahkan atau membantu perusahaan mengerjakan sesuatu agar waktu yang di gunakan lebih efektif dan efisien , dengan ini mesin merupakan suatu sumber daya yang sangat penting dalam membantu semua pekerjaan dalam perusahaan.
·      Uang
Anda harus mempunyai suatu sistem untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang berguna. Ini bisa berasal dari dalam maupun luar organisasi. Penggunaan ukuran kinerja yang diterima secara umum memungkinkan anda untuk membandingkan kinerja perusahaan anda dengan perusahaan lain. Anda juga harus menggunakan cara pendanaan alternatif lainnya dan membandingkan posisi dan kinerja saat ini dari cara-cara yang berbeda itu. Lakukanlah hal ini untuk jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelolah sumber daya konseptual  :

            Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna. Ia kemudian memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. 
        Tugas manajer adalah mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan dengan cara yang  paling efektif. Manajer menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna, kemudian manajer memastikan bahwa orangyang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. Akhirnya manajer
membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang terkini dan akurat. Seluruh aktivitas dalam memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat disebut Manajem Informasi.

Jenis sumber daya konseptual,  yaitu :
  • ·         Informasi     
 Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, dan perhatian pada topik ini bersumber pada dua pengaruh. pertama, bisnis telah menjadi semakin rumit. dan kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.

Sumberdaya fisik yang berada pada organisasi biasanya terbatas dan bisa habis atau punah. Sedangkan sumberdaya informasi bersifat “tidak” akan pernah habis. Sehingga semua sumberdaya, baik fisik maupun konseptual harus disinergikan. Oleh karena itu tugas dari manajer adalah mengarahkan penggunaan semua sumberdaya agar dapat dimanfaatkan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari tugas manajer tersebut, maka perlu adanya usaha penataan sumberdaya Manajemen termasuk didalamnya manajemen informasi, yakni berupa :
·         Sumberdaya harus disusun sedemikian rupa sehingga setiap saat diperlukan dapat segera dimanfaatkan - perlu dilakukan modifikasi   Sumberdaya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin  Sumberdaya harus selalu diperbaharui

Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna. Kemudian manajer memastkan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang terkini dan akurat. Seluruh aktivitas tersebut (memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat, disebut sebagai manajemen informasi.
Munculnya paradigma baru yaitu berupa informasi yang termasuk dalam sumberdaya utama organisasi akan mendorong usaha terhadap manajemen informasi. Perhatian terhadap Manajemen Informasi tersebut antara lain disebabkan oleh :

1.      Peningkatan kompleksitas kegiatan bisnis
2.       Kendala-kendala sosial
3.        Kemampuan Komputer yang semakin baik

KESIMPULAN

       Jadi langkah-langkah manajer dalam mengelola Sumber Daya Fisik yaitu dengan cara pengelolahan sumber daya   Manusia,  Material,  Mesin termasuk fasilitas dan juga keuang dalam perusahaan dengan mengembangkan sumber daya fisik tersebut perusahaan akan berkembang. Sumber daya fisik akan dikelola setelah diperoleh, agar saat diperlukan sumber daya tersebut siap digunakan secara maksimal.
 dan juga mengembangkan sumber daya  koseptual seperti sumber daya informasi,  Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, Oleh karna itu di perlukan nya skill dalam mengolah sumber - sumber tersebut untuk mengembangkan perusahaan atau lembaga tersebut.



Refferensi:
·         imam.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../SIM1-Pengenalan.pd...
·         sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../Modul+1+SIM.doc
·